.:: Praktikum Pengolahan Lahan SMK YPK Lachai Roi Ransiki ::.

Gambar
SMK YPK Lachai Roi adalah salah satu sekolah kejuruan yang ada di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat. Sekolah tersebut memiliki beberapa jurusan dan salah satunya yaitu Pertanian (Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura). Untuk lebih jelas terkait profil sekolah bisa di baca disini  . Terkait pertanian saya cuman mau katakan bahwa "Selagi Manusia itu masih bisa makan, maka Petani akan selalu dibutuhkan". Itulah yang membuat saya tanpa lelah untuk memperbaiki semua termasuk mempersiapkan generasi berikut menyambut masa depan mereka sesuai impian juga untuk pertanian itu sendiri. Susah membentuk karakter siswa namun saya tidak pernah kehilangan akal, niat saya adalah agar mereka bisa memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang mereka putuskan dan kerjakan. Banyak cerita terkait pertanian di SMK YPK Lachai Roi yang mengalami penurunan sangat drastis dari tahun-tahun sebelumnya, banyak siswa juga yang mengeluh terkait praktikum terutama cara mengoperasi alat dan mesi

.:: BUMI MASUK RUMAH SAKIT ::.

Sumber:


Siang ini, Rumah Sakit Kota dikagetkan dengan kedatangan pasien yang cukup unik. Dari KTP di dompetnya, diketahui namanya adalah: BUMI.

Dia mengeluh bahwa dirinya kekurangan air dan oksigen. Menurut diagnosa, dokter menyimpulkan bahwa BUMI ini mengalami penyakit dehidrasi dan hipoksia. Atas saran dokter, ia harus rawat inap untuk beberapa saat lamanya hingga kondisinya pulih.

BUMI sampai masuk rumah sakit, karena beberapa alasan ini, yakni: penebangan pohon dalam jumlah yang besar, pertambangan ilegal, pembakaran hutan, dan meningkatnya efek gas rumah kaca.

BUMI memang sekarang mendapat perawatan yang intensif di Rumah Sakit, hanya dirinya menjadi ragu seandainya dia diizinkan kembali, apakah mungkin dia bisa sembuh total ataukah mungkin harus bolak-balik masuk Rumah Sakit karena dehidrasi dan hipoksia akut yang menjadi penyakit bawaannya saat ini.

Di sebelah ranjang, tempat ia berbaring, ia melantunkan doanya yang pilu: " Tuhan sedari mula, aku diciptakan dengan aneka kekayaan yang tak ternilai harganya. Aku merasa paling bersyukur karena anugerah terindah itu. Hanya sekarang kerap aku meneteskan air mata karena aku kerap mengalami kepanasan, dehidrasi dan kekurangan oksigen. Aku hanya berdoa, agar sahabat baikku manusia, semakin menyadari bahwa hadirnya mereka adalah juga untuk mencintaiku dan bukan mengabaikanku. Kepada-Mu, Ya Tuhan, aku berserah.

Hari ini, Anda bisa pulang dan harap tetap menjaga kesehatan, pesan dokter kepada BUMI.


Sumber:

(https://m.facebook.com/photo?fbid=4125593514123630&set=a.1443148015701540)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

.:: Praktikum Pengolahan Lahan SMK YPK Lachai Roi Ransiki ::.

.:: Pasir Putih Manokwari ::.